Aqidah Shohihah (Muqoddimah)

28 12 2007

Sumber : Al Aqidatus Shohihah Karya Syaikh Bin Baaz rahimahullah


Segala puji hanya bagi Allah saja, selawat serta salam kepada Muhammad yang tidak ada lagi nabi setelahnya dan kepada keluarga serta para sahabatnya.

Oleh karena aqidah shahihah merupakan pokok dan asas agama Islam, maka ini menjadi materi untuk pertemuan kita kali ini.

Sebagaimana yang diketahui dari dalil-dalil syar’i (Al Qur’an dan As Sunnah) bahwanya perbuatan dan perkataan hanyalah benar dan diterima jika aqidahnya benar. Jika aqidahnya tidak benar, maka batallah apa yang dilakukan dan dikatakannya. Hal ini sebagaimana yang difirmankan Allah:

dan barangsiapa yang kafir sesudah beriman, maka hapuslah amalannya dan ia di hari kiamat termasuk orang-orang merugi” (QS Al Maidah : 5)

dan sungguh telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu, “Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalanmu” (QS Az Zumar : 65)

Sesungguhnya kitab Allah yang nyata dan sunnah rasulnya yang terpercaya menunjukkan bahwa aqidah yang benar berkaitan dengan iman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, serta takdir yang baik dan yang buruk. Enam perkara ini merupakan pokok-pokok aqidah yang benar, yang dengan (sebab)nya kitab Allah turun, dan Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam diutus.

Dari pokok-pokok inilah lahir seluruh perkara yang wajib diimani yaitu perkara-perkara ghoib dan perkara-perkara yang dikabarkan oleh Allah dan rasul-Nya shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Dalil-dalil mengenai pokok yang enam ini di dalam Al Kitab dan As Sunnah sangatlah banyak. Diantaranya firman Allah subhanahu wa ta’ala :

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi” (QS Al Baqoroh : 177)

Rasul telah beriman kepada (Al Quran) yang diturunkan kepadanya dari Robb-nya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan) : “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya” (QS Al Baqoroh : 285).

Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada Kitab yang Allah turunkan kepada rasul-Nya serta Kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari Kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya” (QS An Nisa’ : 136).

Dan firman Allah ta’ala : “apakah kamu tidak mengetahui bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi, sesungguhnya yang demikian itu terdapat di dalam kitab, sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah” (QS Al Hajj : 70)

Adapun hadits-hadits shohih yang menunjukkan pada enam perkara ini sangatlah banyak. Diantaranya hadits shohih yang terkenal diriwayatkan oleh Imam Muslim di dalam kitab shohihnya dari hadits amirul mukminin ‘Umar bin Khottob rodhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Jibril bertanya ke pada Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam tentang iman, maka beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “iman itu adalah engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari Akhir, dan engkau (pun) beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk” Dikeluarkan juga oleh Bukhori dan Muslim dari Abu Huroiroh.

Enam perkara ini melahirkan seluruh apa yang diwajibkan kepada setiap muslim, berupa keyakinannya tentang hak-hak Allah subhanah dan tentang perkara tempat kembali serta yang lainnya dari perkara-perkara ghoib.

Diterjemahkan oleh Yoad Abu Dawud al Fakanbary


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: