Iman kepada Malaikat

28 12 2007

Sumber : Al Aqidatus Shohihah Karya Syaikh Bin Baaz rahimahullah

Iman kepada malaikat mencakup iman secara global dan secara terperinci, seorang mukmin harus beriman bahwasanya Allah menciptakan malaikat untuk menta’ati-Nya dan Allah mensifati mereka dengan hamba-hamba yang dimuliakan, mereka tidak didahui oleh perkataan, bahkan mereka mengerjakan sesuatu dengan perintah Allah.

Allah mengetahui segala sesuatu yang di hadapan mereka (malaikat) dan yang di belakang mereka, dan mereka tiada memberi syafaat melainkan kepada orang yang diridai Allah, dan mereka itu selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya.” (QS Al Anbiya’ : 28)

Dan mereka berupa kelompok yang sangat banyak, di antara mereka ada yang ditugaskan memikul ‘arsy, ada juga yang ditugaskan menjaga surga dan neraka, ada juga yang ditugaskan menjaga amalan para hamba.

Kita mengimani malaikat dengan perincian terhadap malaikat yang dinamakan oleh Allah dan rasul-Nya, di antaranya : Jibril, Mikail, Malik penjaga neraka, Isrofil yang ditugaskan meniup sejenis terompet.

Dan sungguh telah datang keterangannya di dalam hadits-hadits shohih.

Di dalam shohih muslim dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa Dia sifatkan bagi kalian

Diterjemahkan oleh Yoad Abu Dawud al Fakanbary


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: