Serba-serbi Soal-soal Kimia

29 12 2007

1) Berapa banyak atom O dalam 5 mol MgSO4?

a. 1,20. 1025 atom

b. 3,01. 1024 atom

c. 1,20. 1025 atom

d. 6,02. 1023 atom

Jawaban :

5 mol MgSO4 = 20 mol O

Jumlah atom O = 20 x 6,02.1023 = 1,20. 1025 atom

 

2) Pada reaksi BaCl2 + XSO4 –> XCl2 + BaSO4, jika massa BaCl2 adalah 13 gram dan massa YSO4 7,5 gram, dan reaksi tersebut terjadi dengan sempurna, berapakah jumlah massa YCl2 dan BaSO4 yang dihasilkan? Dan berapakah massa atom relatif X?

a. 18,5 g dan 24 g.mol-1

b. 19,5 g dan 40 g.mol-1

c. 20,5 g dan 24 g.mol-1

d. 21,5 g dan 40 g.mol-1

Jawaban :

Hukum kekekalan massa, jumlah massa reaktan = jumlah massa produk.

Jumlah XCl2 dan BaSO4 = XSO4 + BaCl2 = 13 + 7,5 = 20,5

Mol BaCl2 = 13 / (137+2.35,5) = 0,0625 mol

Mol XSO4 = 0,0625. Mr XSO4 = 7,5g / 0,0625 = 110g.mol-1.

Mr X = 110 – 96 = 24 g.mol-1.

 

3) Suatu larutan asam sulfat (H2SO4, Mr = 98) 10 M memilliki massa jenis 1,5 g.cm-3. Berapakah persen massa asam sulfat dalam larutan?

a. 51,12%

b. 65,33%

c. 70,23%

d. 77,34%

Jawaban :

Anggap Volume larutan = 1000 cm3.

Massa larutan = 1,5 g.cm-3. 1000 cm3 = 1500 gram

Massa H2SO4 = 10 M. 1L .98 g.mol-1 = 980 gram

Persen massa H2SO4 dalam larutan adalah ( 98/ 1500 ). 100% = 65,33%

 

4) Suatu wadah terdapat larutan NaOH 0,1 M sebanyak 100 mL, dari larutan tersebut dian\mbil sebanyak 10 mL, lalu 10 mL larutan NaOH tersebut direaksikan dengan 10 mL CH3COOH 0,1 M (Ka = 10-5). Berapakah pH akhirnya?

a. 4,15

b. 5,15

c. 8,85

d. 9,85

Jawaban :

Konsentrasi NaOH tetap 0,1 M.

Konsentrasi CH3COONa yang dihasilkan = 0,1M.10mL / 20mL = 0,05 M

[OH] = {(Kw/Ka).[CH3COONa]}1/2

= 7.10-6

pOH = 6 – log 7 = 5,15

Jadi, pH = 14 – 5,15 = 8,85

 

5) Berapa kelarutan CaF2 (Ksp = 3,9. 10-11) dalam NaF 0,02 M?

a. 1,95. 10-9

b. 9,75. 10-8

c. 2,44. 10-8

d. 1,12. 10-4

Jawaban :

F dari NaF = 0,02 M

Ksp = [Ca+2][F]2

[Ca+2] = Ksp / (0,02)2

[Ca+2]= kelarutan = 9,75. 10-8

 

6) Padatan AgNO3 (mengandung konsentrasi Ag+ yang kecil) secara perlahan ditambahkan larutan hasil campuran NaI, NaBr, dan NaCl dengan konsentrasi masing-masing sama (10-3M). Jika diketahui

Ksp AgI = 1,5.10-16 ;

Ksp AgBr = 3,3.10-13 ; dan

Ksp AgCl = 1,8.10-10

Mana yang terlebih dahulu mengendap?

a. AgI

b. AgBr

c. AgCl

d. AgNO3

Jawaban:

Ksp AgI yang lebih kecil mempunyai kelarutan yang lebih kecil juga.

Dengan penambahan konsentrasi Ag+ yang sedikit saja akan menyebabkan terbentuknya endapan AgI terlebih dahulu daripada yang lainnya.

 

7) Suatu senyawa CxHyOz seberat 0,1014 gram dibakar untuk menghasilkan 0,1486 gram CO2, dan 0,0609 gram H2O. CxHyOz tersebut terdiri dari unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Mr CxHyOz = 150 g.mol-1.

a. C6H12O6

b. C3H6O3

c. C11H22O6

d. C4H8O4

Jawaban :

Gr C = (12/ 44). 0,1486 = 0,04 g

Mol C = (0,04 g / 12 g.mol-1) = 0,00338 mol C

Gr H = (2/18). 0,0609 = 0,00676 g

Mol H = (0,00676 g / 1 g.mol-1) = 0,00676 mol H

Mol O = (0,1014 – 0,04 – 0,00676) / 16 g.mol-1 = 0,0034

CxHyOz = mol C : mol H : mol O = 1 : 2 : 1

(CH2O)n =180 g.mol-1

C6H12O6

 

8 ) Hibridisasi dan bentuk molekul dari NH4+ adalah:

a. sp3 dan tetrahedral

b. sp3 dan segitiga piramida

c. sp3 dan bentuk V

d. sp3d dan segitiga piramida

 

9) Mana diantara senyawa berikut yang paling bersifat asam?

a. HF

b. HCl

c. HBr

d. HI

Jawaban :

Jari-jari I lebih besar pada gol.VIIA tersebut, hal ini membuat ion I lebih stabil sehingga ion H nya mudah bebas di dalam larutan.

 

-Yoad Nazriga S-

 

 

IKLAN : Ingin beli jaket motor? Kunjungi www.jaketmotor.org

http://jaketmotor.org/jaket-motor.html

http://jaketmotor.org/jaket-touring.html


Aksi

Information

21 responses

19 06 2008
M

Soalnya kok sulit ?yang gampang-gampang donk biar nanti gak botak sebelum waktunya gara2 mikir kimia

22 06 2008
ncha

thanx eea….
soaL’y bitssa ncha paqe wad Latihant uLangand….

coz ncha suqqa maless nyatet soaL” darri guru…

jaddi pas mu uLangant ga penna adda bayangant…heuheu…….

diperbanyaq dewh….soaL”nyah…..

biqient pintter tuwh….ow yha,,banyaqient soal darri buqu kimia universitas dunz….

soaL’y smkn ncha ngambil soal kebanyakan darri ituu buqu….

thanx eea……

9 08 2008
kh-z@tin ZuNi F.

soallx kran bnyak.

3 10 2008
Leo

Eh jawabannya ada yang salah tu yang no 7 seharusnya jawabannya C5H10O5 over all soalnya bagus thx y…….

6 10 2008
mitmit

thankies yah! tapi butuh bangeets nih soal kimia kelas XI semester 1. biasa buat remedial . hahahaha

14 10 2008
krathos

tolong dong ksh tau cranya buat larutan standard untuk analisa kandungan amonia dgn kisaran 3 ppm & analitical grade amonium sulfatny…^^
soal diatas adlh soal mata kuliah kimia perairan…
mhon bantuannya….
sblmnya trima kasih y…..^^

17 11 2008
eisaa

hi… kok soalnya susah-susah? aku kan baru kelas 1 smp, masih kecilll😦

9 02 2009
yoad

ya emang ini buat anak sma. hehe.
Maaf2 semuanya, baru menanggapi,
no.7 itu memang C6H12O6 kan… Yang mana yang salahnya?
Hmm.. ya ntar diperbanyak soal2nya klu ada kesempatan, heheh..

29 12 2008
fita

mau soal-soal kimia lingkungan dung plus jawabannya….
butuh bgt nich!!1
mksh………

2 03 2009
Anonim

BIkinI SoaL Mol 30 mA KonSEp rEAkSi kIMIa cEh PlEacE……………….PuSiNggggggggggggggg nEpH GaRa2 bu kUntIlaNaKKKKKK……..

19 03 2009
des

1) pa ja sih contoh2 pasangan polimer dan monomer?
2) ikatan yang terjadi antar molekul C2H6 apa?

6 04 2009
lela

soalnya yang materi asam-basa,dan buffer dong??

koq nggak da sieecch???

8 04 2009
yoad

@des:
1) contohnya protein yang monomernya asam amino
2) ikatan kovalen

21 05 2009
bebby

gmn cih klo mau cari jawaban nya. soalnya udah ada di kita, tapi kan jawabannya klo di cari di buku suka gak ada tuh maka dari itu biar gampang ngerjainnya kan bisa nyari di internet tuh tuh dimana yah terutama soal2 kimia, fisika sama mtk, hehehehhe

3 06 2009
no nama

creatif…

11 09 2009
vania

bikin khusus struktur atom aja donk !
thanks ya🙂

15 10 2009
NIA

KALAU BUAT SOAL JANGAN SUSAH2,NE OTAK DAH SETENGAH STREZZZZZZZ…
LAW BUATKAN SOAL RUS JELAZ DUNK N BISA DI MENGERTI UNTUK ANAK SEUMURAN Q.NE DI DUNIA MAYA TAOOO,,MANKX BISA YA JELASIN SPRTI GURU DI ZKUL?????????????????????????????????????????????????????????????

7 02 2010
pr5

thanks soal nya bantu Q garap nih???????????????????????????????????????????

23 03 2011
epo

a buffer solution is 0,2 M in acetic acid and in sodium acetate.calculate the change in PH upon ading 1ml of 0,1 M HCl to 10ml of this solution.ka=10 pangkat minus 5

minta tlg bntuin jwb …

16 08 2011
Anonim

huh mlez……

1 11 2012
Anonim

mengapa kulit atom di tandai dengan lambang K,L,M … tidak dengan A,B,C ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: