Sebab-sebab lemahnya umat islam saat ini

7 11 2009

Yang dimaksud dengan lemah di sini adalah lemah iman dan lemahnya mereka dalam berpegangteguh terhadap agama dan mereka hanya mengandalkan pesatnya pertumbuhan islam tanpa penerapan atas ajarannya. Tidak diragukan lagi bahwa ada berbagai sebab diantaranya yang saya saksikan adalah banyaknya orang yang menyeru kepada kerusakan dan kemungkaran serta kemaksiatan dengan perkataan dan perbuatan sehingga manusia merasa berat melakukan ketaatan dan jiwa mereka cenderung kepada syubhat yang diharamkan seperti berzina, minum khomar, mendengar nyanyian, dan semisalnya. Mereka juga menyeru untuk ikhtilath (campur baur antar lawan jenis) dan mereka membuat wanita bertabarruj (berhias) dan bersafar tanpa mahrom, mereka menjadikan hal tersebut sebagai haknya wanita, mereka juga menyerukan agar para wanita diberi kebebasan dan tindakan, sehingga mereka membuat para wanita ridho dengan dirinya yang seperti itu walau bapaknya dan suaminya tidak senang dengan hal itu, tidak ada hukuman bagi para wanita tersebut bahkan kepada orang yang berzina dengan mereka pun tidak ada hukuman.

Asyiknya mereka dengan syubhat-syubhat tersebut membuat mereka merasa berat untuk melakukan shalat dan mereka memisahkan diri dari masyarakat, mereka tidak melakukan kewajiban malah saling bertransaksi minuman khomar dan narkoba, yang menjadi sebab lemahnya iman di dalam hati-hati umat islam.

Diantara sebab lemahnya umat islam juga adalah banyaknya kerusakan dengan menyebarnya film-film porno dan musik-musik serta gambar wanita telanjang seperti berpakaian tapi telanjang. Mereka asyik dengan perkara-perkara yang haram tersebut sehingga lemahlah iman di dalam hati mereka.

Diantara sebab lemahnya umat islam adalah terbukakannya dunia kepada sebagian besar manusia dan mereka sibuk dengan seluruh perkara yang fana dan berpaling dari ilmu, amal dan melupakan usaha untuk hari akhir terhadap seluruh harta dan perdagangan serta pekerjaan, yang menyebabkan mereka lupa terhadap hak-hak Allah dan mereka justru mengutamakan syubhat dan yang disenangi oleh hawa nafsu, mereka berusaha sungguh-sungguh untuk mendapatkan hal itu.

Diantara sebab lemahnya iman juga adalah lemahnya para da’i yang menyeru kepada islam yang hakiki, sedikitnya ilmu mereka yang shahih, dan mereka rela dengan sedikitnya amal dan ridho dengan banyaknya kerusakan dan maksiat. Tidak diragukan lagi bahwa ketika umat islam lemah iman dan amalan serta rusaknya fitrah dan asyiknya mereka dengan kelalaian dan syahwat serta berpalingnya dari perkara akhirat, maka dampaknya adalah lemahnya mereka secara jasmani dan kuatnya musuh-musuh mereka di setiap penjuru, kemudian menguasai negeri-negeri kaum muslimin. Tidak ada kekuatan bagi kaum muslimin baik jasmani maupun rohani sehingga kuat lah kaum kuffar. Inilah yang terjadi di kebanyakan negeri islam yang dikuasai oleh para musuh, dan dikuasai oleh pemerintahan yang jelek, yang merendahkan dan menyengsarakan mereka. Umat islam tidak akan mencapai kejayaan sampai mereka kembali kepada agama mereka (agama islam).

Sumber : Fatawa Syaikh Ibnu Jibrin, bab Asbaabu Dho’fi Ummatil Islamiyyah al Yaum, diterjemahkan dari maktabah syamilah

-Yoad Nazriga S-


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: